Web Hosting

Live Android : Mencicipi Andorid di PC dengan LiveCD

Posted by Heroe on Tuesday, January 10, 2012

Selain dengan Android Emulator, jika ingin mencicipi Android tanpa membeli ponselnya adalah dengan Live Android. Live Android, dijalankan secara LiveCD seperti OS Linux lainya.
Dengan Live CD, Android dapat disulap menjadi sistem operasi  portabel. Anda bisa menjalankannya dari cakram data (CD/DVD) ataupun flash drive. ISO file dari Live Android ini dapat diunduh dari http://code.google.com/p/live-android. 

Selanjutnya, tinggal di-burn sebagai disc image menggunakan aplikasi CD burning. Bingung? Enggak perlu. berikut caranya menggunakan media CD.

  1. Masuklah ke situs http://code.google.com/p/live-android/downloads/list. Unduh Gratis 2 file ISO liveandroidv0.3.iso.001 dan liveandroidv0.3.iso.002 . Semuanya   total   berukuran 170MB.
  2. Setelah   keduanya   terunduh, anda harus menggabungkannya menjadi satu file ISO. Gunakan aplikasi HJSplit.
  3. Klik-dobel  hjsplit.exe untuk menjalankan program. Klik [Join], lalu pilih [Input File]. Pilih salah satu  file  ISO yang kamu unduh  tadi.  Klik  [Output]  dan  tentukan  folder  simpan hasil gabungan. Klik [Start].
  4. Kamu akan mendapatkan  file ISO liveandroidv0.3.iso. Sekarang, jalankan aplikasi CD burning. Pilih opsi untuk burning disc image menjadi CD/DVD.Untuk LiveAndroid, kamu cukup menggunakan CD.
  5. Untuk menjalankan Android di PC, masukkan CD hasil burning  ISO ke disc drive. Restart, lalu masuklah ke setting BIOS. Ubah target booting menjadi disc drive. Tekan [F10] untuk menyimpannya. Tunggu beberapa saat karena PC akan  me-restart lagi.
  6. PC akan  booting  dari  drive  CD dan otomatis menjalankan Live Android yang ada di  CD tersebut. Tunggu beberapa saat hingga muncul pilihan setting resolusi layar Android. Pilih yang sesuai dengan layar monitor lalu klik [Enter]. Tunggu beberapa saat hingga Android berjalan. 
  7. Layar Android akan muncul di layar. Kamu bisa mengelolanya dengan mouse. Klik panel di area kanan  layar untuk memunculkan menu.   Jika kamu  ingin mengoneksikannya ke  Internet atau masuk ke  jaringan komputer,   tekan  [Alt]  +  [F1].  Selanjutnya,  masukkan data  IP,  Gateway, hingga DNS jaringan yang kamu gunakan. Jika ingin mengganti  interface dan konsol Android, tekan [Alt] + [F1] atau [Alt] + F7]. 
Android pun siap beraksi di dalam layar monitor PC.

Selamat Mencoba

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment