Web Hosting

Android Emulator : Mencicipi Android di PC

Posted by Heroe on Tuesday, January 10, 2012

Jika anda pengin mencicipi Android, tetapi belum punya cukup uang untuk membelinya. Maka cara paling mudah dan murah untuk mencoba Android adalah dengan menggunakan Android Emulator. Aplikasi ini disediakan gratis oleh situs resmi pengembang Android di sini
Emulator terakhir yang dapat anda gunakan adalah emulator untuk Android versi 2.2. Selanjutnya, anda tinggal  mengunduh   aplikasi  installer  berukuran   23MB   untuk   Windows   tersebut   dan   langsung  menginstalnya.  
Installer  aplikasi   ini   juga  tersedia untuk Mac OS X berbasis  Intel  dan Linux (i386).

Cara instalasinya sebagai berikut :

  1. Pastikan PC sudah terinstal Java. Klik-dobel SDK Setup.exe untuk menginstalnya. Ikuti wizard instalasi. Jika pada boks “Refresh Sources” terdapat notifikasi “Failed to fetch url...”, klik saja [Close].
  2. Ubah  setting  setup  program dari  https menjadi  http.  Pada boks “Choose Packages  to Install”, klik [Cancel]. Pada jendela boks “Android SDK and AVD Manager”, klik [Settings]. Selanjutnya, centangi opsi [Force https://… sources to be fetched using http://…]. Tunggu hingga boks proses muncul dan menghilang. Tutup jendela “Android SDK and AVD Manager”.
  3. Jalankan  installer  SDK   Setup.exe   dengan  mengkliknya   dua   kali.   Jendela  installer  akan  muncul   dengan   sejumlah   pilihan   paket   instalasi.   Semua   paket   tersebut   dalam   kondisi terseleksi.   Jika  ingin mencoba emulator   ini  untuk mencicipi  Android,  pilih hanya opsi  “SDK Platform Android 2.0. API 5, revision 1”, lalu klik [Accept]. Untuk opsi lainnya, klik opsi tersebut satu per satu, lalu pilih [Reject].
  4. Jika ingin mencoba membuat aplikasi Android, klik [Accept All] lalu klik [Install]. Tunggu hingga jendela “Android SDK and AVD Manager” selesai mengunduh dan menginstal aplikasi. Koneksi Internet dibutuhkan untuk melakukannya.
Selamat mencoba...

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment