Web Hosting

F.Lux : software gratis untuk mengatur cahaya LCD otomatis

Posted by Heroe on Thursday, January 12, 2012

F.Lux merupakan software gratis yang mampu menjalankan fungsi serupa teknologi peka cahaya, atau istilah kerenya ambient light sensor.  F.Lux mengatur warna layar dengan mengikuti waktu lokal. Artinya, terangnya layar pada siang hari bakal berbeda dibandingkan pada malam hari.

Secara default, F.Lux menentukan temperatur warna layar siang hari pada angka 6500K (derajat Kelvin), yang menghasilkan warna kebiruan. Sementara itu, pada malam hari, levelnya mencapai angka 3.500K dengan kecenderungan warna agak merah. Pada awalnya, mata kita mungkin akan merasa agak aneh dengan perbedaan warna ini. Tapi, lama-kelamaan bakal terbiasa juga.
Karena F.Lux mengandalkan waktu lokal serta menyesuaikan diri dengan jam terbit dan tenggelamnya matahari, kita dipersilakan menyetel lokasi kita berada. Agar lebih akurat, masukan lokasi dibuat dalam format koordinat lintang dan bujur. Untuk mengetahuinya, disediakan link ke website F.Lux. Di situ, kita cukup mengetikkan nama kota/wilayah guna dicarikan koordinatnya.
F.Lux sangat berguna bagi kita yang sepanjang hari, siang dan malam, kerap berhadapan dengan layar LCD. Selain pandangan lebih nyaman, mata pun akan tetap sehat.
Silahkan UnduhGratis softwarenya di sini atau di sini

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment