Web Hosting

Software bluemind | mindmapping software

Posted by Heroe on Tuesday, January 17, 2012

Software bluemind | mindmapping software
Bluemind adalah peranti lunak pengolah mind mapping yang ringan dan hebatnya tak berbayar. Memang ada beberapa kekurangan seperti layout yang tidak bisa ditata, namun aplikasi ini akan membantu Anda mencurahkan ide.

Aplikasi mind mapping sangat berguna untuk memudahkan Anda mencurahkan ide secara runut dan sistematis. Jika Anda mencari software mind mapping yang ringan dan gratis, Blumind sangat layak dicoba.  
Mencari peranti lunak mind mapping yang bagus namun tak berbayar relatif sulit. Kalaupun ada, nyaris semua mensyaratkan penggunaan Java Runtime Environment. Bukan berarti Java itu tidak bagus, tetapi sudah terlanjur tertanam di benak kebanyakan pengguna komputer bahwa penggunaan Java Runtime Environment itu berat dan instalasinya ribet.
Sebagian lagi berbasis web. Jelas yang jadi kendala adalah belum meratanya koneksi internet yang ada di Indonesia.
Bagai oase di tengah padang pasir, ternyata ada sebuah peranti lunak mind mapping yang bagus, tidak berbayar, dan tidak perlu menginstall Java Runtime Environment, serta bisa dioperasikan tanpa perlu koneksi internet. Itu adalah Blumind.
Untuk dapat menggunakan Blumind, Anda wajib menginstal .NET Framework 2.0 atau lebih baru. Itu bukanlah hal yang memberatkan mengingat Windows Vista dan Windows 7 sudah menggunakan .NET Framework, bahkan versi lebih baru daripada 2.0. Kecuali mungkin bila Anda masih bertahan menggunakan Windows XP.
Ketika melihat antarmukanya, nampak sekali Blumind mengadopsi model Ribbon yang ada di aplikasi-aplikasi perkantoran Microsoft. Bahkan kolom sebelah kanan yang berisi jendela Objects, Overview, dan Property juga memiliki look and feel aplikasi pemrograman semacam Visual Basic .NET yang juga produk Microsoft.
Saat membuat dokumen mind mapping baru, objek yang pertama kali ada adalah Center Topic yang merupakan topik pokok dokumen yang bersangkutan. Untuk mengganti teks pada sebuah objek, klik-ganda objek tersebut hingga teks terseleksi dan siap untuk disunting.  
Untuk menambahkan cabang, klik-kanan sebuah objek dan pada menu pop up yang muncul, pilih Add Sub Topic. Sayang sekali, tata letak cabang-cabang yang ditambahkan pada topik utama (dan juga anak cabang pada cabang) tidak dapat digeser. Tetapi untuk memindahkan satu anak cabang dari suatu cabang ke cabang lain, klik dan tarik anak cabang tersebut lalu “jatuhkan” pada cabang tujuan.
Jenis dan ukuran font dapat diganti, tetapi harus melalui jendela Property. Demikian pula dengan bentuk dan ukuran objek.
Kelebihan Blumind adalah, setiap objek dapat diberi ikon, progress bar, dan catatan. Ikon bisa saja dimanfaatkan sebagai penanda untuk membedakan satu kelompok tugas tertentu dengan kelompok tugas yang lain. Progress bar bisa digunakan untuk menyajikan seberapa jauh suatu tugas sudah dikerjakan. Dan catatan tentu saja digunakan untuk menambahkan catatan tertentu seperlunya terhadap suatu objek.
Bluemind juga diperlengkapi dengan themes yang memudahkan Anda untuk mengganti warna tampilan dokumen mind mapping secara cepat. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, setidaknya Bluemind memberikan alternatif peranti lunak mind mapping yang tak berbayar, non Java, dan non web.
UnduhGratis softwarenya di sini




 Konsep Ribbon Antarmuka Blumind menggunakan konsepribbon layaknya aplikasi Microsoft. Cukup memudahkan penggunaannya.







Berbentuk Mind Mapping 
Seakan ingin menegaskan jati dirinya, fungsi Help di Blumind pun dibuat dengan skema mind mapping.






Agak Ribet 
Pengaturan minor tiap komponen seperti ukuran font dan obyek harus dilakukan melalui jendela Property, yang menurut kami agak merepotkan.   


Plus     : ringan, mudah dipelajari, dokumentasi cukup lengkap (dalam bentuk mind mappingjuga).
Minus :  layout tidak bisa ditata, hampir semua pengaturan tidak bisa dilakukan dengan klik dan tarik.


sumber : http://www.infokomputer.com/software/review-blumind

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment